MATERI KULIAH HUKUM KESEHATAN – STIKES HUSADA BORNEO

Rizana Mirza, SH, MKes.

PENGANTAR ILMU HUKUM

leave a comment »

Apakah Hukum itu ?

Plato ( Bk.Republik ) : Hukum adalah sistem peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat.

E.Utrecht :  Hukum adalah himpunan petunjuk hidup – perintah dan larangan – yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat, yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat yang bersangkutan, oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa itu.

Soerojo Wignjodipuro,SH :  Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan hidup yang bersifat memaksa, berisikan suatu perintah, larangan atau izin untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu atau dengan maksud untuk mengatur tatatertib dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Hukum :  Sebagai    seperangkat   ketentuan – ketentuan   atau   kaidah   dalam kehidupan bersama yg memberikan patokan terhadap apa yg boleh dilakukan  dan  apa  yg tidak boleh dilakukan seseorang atau subyek hukum  serta  pelaksanaan  ketentuan/kaidah  itu  dapat dipaksakan dengan suatu sanksi hukum.

SUBYEK HUKUM :

Ialah pendukung hak dan kewajiban, dan terdiri dari dua macam, yaitu Orang (Person) dan Badan Hukum (Rechtpersoon).

Orang (Person) berarti pembawa hak dan kewajiban (Rechtsdrager) atau subyek di dalam hukum.

Badan Hukum (Rechtpersoon)  ialah perkumpulan-perkumpulan yang dapat menanggung hak dan kewajiban. Memiliki harta kekayaan sendiri dan dapat turut di dalam lalu lintas hukum, dapat menggugat dan digugat dimuka pengadilan.

Bedanya dengan orang (person) adalah tidak mempunyai kekuasaan material, karena tidak dapat kawin, juga tidak bisa beranak.  Contoh: Perseroaan Terbatas, CV, Koperasi, Negara dsb.

OBYEK HUKUM :

Ialah segala sesuatu yang berguna bagi subyek hukum (person atau rechtsperson) dan yang menjadi obyek hukum dari suatu hubungan hukum disebut hak, karena dapat dikuasai oleh subyek hukum.

HUBUNGAN HUKUM :

Suatu wewenang yang ada pada seseorang untuk menguasai sesuatu dari orang lain, dan kewajiban dari orang lain untuk berprilaku sesuai dengan wewenang yang ada.

Isi dari wewenang dan kewajiban tersebut ditentukan oleh hukum ( misal : hubungan antara pembeli dan penjual ).

AKIBAT HUKUM :

Adalah akibat suatu tindakan hukum. Tindakan hukum adalah tindakan yg dilakukan guna memperoleh sesuatu akibat yg dikehendaki yg diatur oleh hukum. Akibat hukum adalah segala akibat yg terjadi dari segala perbuatan hukum yg dilakukan oleh subyek hukum terhadap obyek hukum atau akibat-akibat lain yg disebabkan karena kejadian-kejadian tertentu oleh hukum yg bersangkutan telah ditentukan atau dianggap sebagai akibat hukum.

Written by rizanamirza

September 23, 2009 pada 6:15 am

Ditulis dalam Kuliah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: